News

FASILITASI PENDAMPINGAN PEMANFAATAN PERANGKAT TIK PUSAT SUMBER BELAJAR DI SEKOLAH

Jalancagak – SMPIT As-Syifa Boarding School menjadi salah satu sekolah yang mendapat fasilitasi pendampingan pemanfaat perangkat TIK pusat sumber belajar di sekolah dari Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom Kemendikbud).

Penyerahan bantuan perangkat TIK PSB diserahkan langsung oleh Ibu Ai Sri Nurhayati, selaku penanggung jawab dari Pustekom kepada Kepala Sekolah Ustadz Farhan Muhammad, Lc dan disaksikan oleh Drs. H. Dedi Supriadi, M.Si selaku Kepala Bidang Pengembangan SMP Kabupaten Subang.

“Terimakasih sudah memilih salah satu sekolah di Kabupaten Subang. Harapannya nanti ada sekolah yang bisa dibina oleh guru yang sudah mendapat pelatihan “, ujar Drs. H. Dedi Supriadi, M.Si

Setelah penyerahan bantuan perangkat TIK PSB, rombongan dari Pustekom Kemendikbud langsung memberikan fasilitasi pendampingan pemanfaat perangkat TIK pusat sumber belajar di sekolah. Acara ini berlangsung dari tanggal 17-19 Oktober 2019.

Pada hari pertama, pembukaan diawali dengan laporan pelaksanaan kegiatan, pengarahan dan pembukaan secara resmi oleh Ibu Ai Sri Nurhayati dari Pustekkom dan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota. Dilanjutkan penjelasan konsep PSB dan pengaturan perangkat PSB serta cara pengoperasiannya.

Acara pada hari kedua yaitu paparan materi dari narasumber Pustekkom tentang troubleshooting, pengenalan dan pemanfaatan konten laman PSB Sekolah. Pemaparan materi tentang pemanfaatan Rumah Belajar  (Registrasi dan pengenalan fitur)

Sedangkan di hari terakhir, mengulik konten-konten offline Rumah belajar dan juga membandingkan Rumah Belajar versi lama dengan versi terbaru. Pada kesempatan kali ini juga membahas rencana tindak lanjut fasilitasi ini.

Dengan adanya bantuan dan pelatihan yang diberikan oleh Pustekom Kemendikbud, diharapkan sekolah bisa mematangkan perannya sebagai pusat belajar bagi peserta didik. Memanfaatkan 6000 konten digital yang ada di server sebagai sarana tambahan untuk kegiatan belajar mengajar. Bantuan ini merupakan stimulus, pemicu untuk meningkatkan kualitas Pendidikan di Indonesia.

 

Tags

Leave a comment